[dsm_button _builder_version=”4.4.1″ button_one_text=”unduh file ” button_one_url=”https://pormiki.or.id/wp-content/uploads/2020/03/SE-PORMIKI-Kewaspadaan-dan-Pencegahan-Penyebaran-Infeski-Covid-19.pdf” hover_enabled=”0″ custom_button_one=”on” button_one_text_color=”#e02b20″ button_one_text_size=”10px” button_one_bg_color=”#ffffff” button_one_bg_enable_color=”on” button_one_border_width=”3px” button_one_border_radius=”20px” button_one_letter_spacing=”2px” button_one_font=”Roboto|900|||||||” button_one_icon=”%%188%%” animation_style=”bounce” button_alignment=”right” button_one_text_size_last_edited=”on|phone” button_one_text_size_tablet=”8px” button_one_text_size_phone=”6px” button_one_border_width_last_edited=”on|desktop” button_one_border_width_phone=”1px” button_one_border_width_tablet=”1px” button_one_border_radius_last_edited=”on|desktop” button_one_border_radius_tablet=”11px” button_one_url_new_window=”on”][/dsm_button]

DEWAN DEWAN PIMPINAN PUSAT
PERHIMPUNAN PROFESIONAL PEREKAM MEDIS
DAN INFORMASI KESEHATAN INDONESIA
(INDONESIAN PROFESIONALS ON MEDICAL RECORD
AND HEALTH INFORMATION ORGANIZATION)
PORMIKI

   Yth : Para Dewan Pimpinan Pusat , Dewan Pimpinan Daerah , Dewan Pimpinan Cabang

 

SURAT – EDARAN
No. HM.01.01/001/III/2020
Tentang :
Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeski Covid-19

Berkenaan dengan ketetapan World Health Organization (WHO) yang mengubah status kejadian infeksi Covid-19 dari Public Health Emergency of International Concern menjadi Pandemi. Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PORMIKI menetapkan langkah-langkah lebih lanjut untuk mencegah penyebaran infeksi Covid-19 diberbagai wilayah provinsi,kabupaten/kota dan mengantisipasi berbagai keadaan yang mungkin terjadi. Langkah-langkah ini diambil sebagai bentuk komitmen PORMIKI untuk mengupayakan Preventif dan Promotif pada masyarakat serta sebagai partisipasi PORMIKI dalam upaya pengendalian penyebaran virus Covid-19.

Berdasarkan kajian secara komprehensif dan seksama pada berbagai datam dan informasi relevan, termasuk informasi update global infeksi Covid-19, pengalaman berbagai negara menghadapi penyebaran infeksi Covid-19 serta petunjuk dan pedoman yang diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia yaitu Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka dengan ini kami mengambil Langkah-Langkah Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi virus Covid-19 kepada para dewan pimpinan pusat, dewan pimpinan daerah, dewan pimpinan cabang serta sejawat Perekam Medis dan Informasi Kesehatan di seluruh Indonesia antara lain sebagai berikut:

1. Seluruh dewan pimpinan pusat, dewan pimpinan daerah, dewan pimpinan cabang dan Sejawat Perekam Medis dan Informasi Kesehatan untuk mempraktikkan dan membudayakan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan terhadap penyakit serta menerapkan berbagai tindakan pencegahan penularan penyakit berbasis lingkungan khususnya infeksi Covid-19 melalui konsistensi dan sosialisasi penerapan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

2. Selama masa pandemi infeksi Covid-19, sangat menganjurkan kepada para dewan pimpinan pusat, dewan pimpinan Provinsi, dewan pimpinan cabang serta sejawat Perekam Medis dan Informasi Kesehatan untuk menunda atau menjadwal ulang penyelenggaraan Seminar, Workshop, Pelatihan dan kegiatan yang menimbulkan kumpulan/kerumunan banyak orang sedemikian rupa sehingga tidak memungkinkan dilakukannya tindakan kewaspadaan dan pencegahan penularan infeksi Covid-19, atau menggantinya dengan metode lain atau dengan e-com. Dalam hal tidak dapat dijadwal ulang dan tidak dapat diganti dengan metode lain, maka penyelenggaraan kegiatan tersebut harus disertai dengan tindakan kewaspadaan dan pencegahan penularan infeksi Covid-19 dengan sebaik- baiknya. Setiap penyelenggara dan peserta kegiatan tersebut wajib mematuhi ketentuan pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan RI.

3. Dianjurkan para Dewan pimpinan Pusat, Dewan pimpinan daerah, dewan pimpinan cabang dapat berperan aktif pada mitra pemerintah pusat/provinsi/kabupaten/kota serta mitra swasta dalam melakukan deseminasi dan informasi pencegahan dan penyebaran infeksi Covid-19 melalui aksi sosial di masyarakat dan tempat-tempat umum serta mendukung upaya Bersih Sehat Saniter dilingkungan masyarakat dan tempat umum. Sebagai Motivator dan Pendayaguna pemberdayaan masyarakat antara lain :
a) Selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan/minum atau memakai instant hand Santizer
b) Gunakan masker sesuai ketentuan ditempat keramaian/kerumunan banyak orang
c) Hindari sentuhan bagian wajah seperti hidung, mata dan mulut sebelum cuci tangan pakai sabun
d) Makan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup dan luangkan waktu untuk olah raga dan olah jiwa.
e) Dianjurkan untuk menunda perjalanan didalam/keluar negeri yang tidak penting serta menghindari tempat-tempat yang banyak keramaian orang kecuali telah diketahui adanya penerapan tindakan kewaspadaan dan pencegahan penularan infeksi Covid-19 sebaik mungkin.

4. Diharapakan Seluruh dewan pimpinan pusat, dewan pimpinan daerah, dewan pimpinan cabang serta sejawat Perekam Medis dan Informasi Kesehatan berperan aktif dengan mitra di Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota untuk melakukan pencermatan dan pendataan pada pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 dan penyakit yang tekait sanitasi lingkungan yang pada triwulan pertama tahun 2020 telah mengalami peningkatan kejadian kasus diantaranya kasus DBD dibeberapa wilayah seperti Sikka, NTT dan wilayah lain di Indonesia.

Selain hal-hal diatas, Dewan pimpinan Pusat PORMIKI tetap menjalankan aktivitasnya sesuai jadwal dan target pokok serta target strategis. Bagi para Dewan pimpinan daerah, dewan pimpinan cabang dapat memperoleh informasi terkini mengenai berbagai perkembangan menyangkut infeksi Covid-19 melalui Call center WA +62 813-1223-1989 E-mail : dpppormiki@gmail.com

Situasi yang kita hadapi tidak mudah, tetapi dengan semangat kebersamaan kita akan mampu melaluinya. Dewan pimpinan Pusat menghargai dedikasi, loyalitas dan integritas seluruh dewan pimpinan daerah, dewan pimpinan cabang, agar PORMIKI dapat berperan dan hadir dalam menyampaikan Hikmah tentang nikmat sehat dan afiah diperoleh melalui Sanitasi yang Bersih dan Sehat. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmatNya pada kita semua,

Demikian surat edaran ini kami sampaikan untuk dapat ditindaklanjuti dan dipergunakan secara seksama.

Jakarta, 14 Maret 2020
DPP PORMIKI